SAMPAH BISA JADI PELUANG BISNIS BARU !!

by - 07:34:00


Sudahkah teman teman membuang sampah pada tempatnya ??
Jika belum yuk disiplinkan diri sendiri mulai saat ini untuk lebih peduli terhadap bumi, oiiaa tyeaan juga mau sharing nih jadi kemarin di kasik kesempatan untuk hadir di acara kementrian pemberdahayaan perempuan, penasaran bagaimana keseruannya langsung aja yuk,,







Tanggal 13 November 2018 dalam acara " Advokasi peran masyarakat dalam pengelolaan lingkungan melalui pelatihan daur ulang sampah di kota malang " yang di adakan di hotel santika sangatlah bermanfaat juga memberikan ilmu baru dan yang pasti membuka cara pandang kami remaja muda sebagai anak milenial. Bapak Rahmat selalu ketua bank sampah bilang bahwa sampah di kota malang sendiri setiap harinya tekumpul 667 ton setiap harinya, bayangkan saja ini hanya sampah mencapai jumlah ton tiap harinya bagaimana bila 1 minggu tinggal kalikan saja 7 sehinga totalnya 4.669 ton per minggu jika di jadikan kg berarti 4.669.000 kg per minggu , wagelazeee ini gess TT^TT. Langsung seketika itu tyeaan terbuka fikirannya untuk lebih mengirit hal hal yang sekali pakai seperti kresek, plastik pokoknya sampah yang sulit di olah dehh.






Pengurangan sampah  ( 3R ) yaitu :
  • Pembatasan, 
  • Pendaur ulangan, dan juga 
  • Pemanfaatan
Berbasis masyarakat / warga dan yang pasti perlu kesadaran tinggi untuk 3 hal di atas. Untuk pemanfaatannya sendiri terkadang ebberapa orang awan memang belum tau bagai mana cara memanfaatkan sebuah sampah karena dalam minset beberapa orang SAMPAH adalah barang buangan sebagai sumber masalah dan pekerjaan yang hina, betul tidak gess? Makanya itu masih banyak teman teman kita yang membuang sampah sembarangan seperti tak ada beban, padahal jika kita liat berita tentang sampah yang menumpuk di laut sebagai pencemaran itu sendiri rasanya mirisss sekali hikss.

Kota malang sendiri menargetkan pengurangan sampah 30% dari 80% yang ada yang sebagian di manfaatkan untuk kerajinan ibu - ibu PKK, Makanyaa nih sekarang lebih di galakan lagi penyuluhan ke berbagai Rw tentang pemanfaatan sampah dan daur ulangnya :)







Tyeaan hadir bersama ibu - ibu blogger malang, merasa sangat bersemangat mendengar setiap ilmu dan informasi dari pemateri. Bagaimana penanganannnya tergantung diri kita masing - masing, cara mendisiplinkan diri, nahh untuk implementasi pengelolaan sampah di malang mulai tahun 2018 - 2025 bagimana sih?? di targetkan 30% untuk pengurangan sampah tersebut, 

A. Pembatasan timbulan sampah :
  • pembatasan kantong plastik
  • pembatasan plastik sekali pakai
  • bebas plastik di kantin sekolah ataupun pasar
B. Pendaur ulangan sampah :
  • pembuatan kompos dengan sistem komposer dan biopon
  • bank sampah induk ( bsi ) dan unit bank sampah ( ubs ) 
  • TPS 3R berbasis masyarakat
  • pengembangan biogeste 
  • pemilahan sampah oleh sektor informal pada petugas gerobak / tossa dari rw / rt atau pemulung
  • kerajinan daur ulang sampah
C. Pemanfatan sampah pada memfungsikan kembali sampah utnuk kegiatan bermanfaat ( seperti tong sampah dari barang bekas, hidroponik dari median sampah dan lain sebagainya )






Di era Zaman yang serba teknologi ini, kita di tuntut lebih aktif dan lebih praktis dalam segala hal begitu juga tentang bank sampah dan pengelolaannya. Semoga next Kota Malang juga punya aplikasi bank sampah seperti kota Jakarta, Amiinn hehe Sehingga semakin mudah kita mengelompokan dan memanfaatkan sampah itu sendiri .




Apakah benar sampah punya nilai jual tinggi ??
Meski sampah sering di pandang sebelah mata tapi kali ini tyeaan mau bocorin nih bahwa banyak hal yang bisa di kreasikan dari sampah dan bisa jadi peluang bisnis juga loh. Ibu marta selaku perwakilan dari IWITA Jakarta membagikan tips sukses branding untuk menigkatkan penjualan, terkait undangan acara 50 lebih orang yang hadir adalah pengrajin, sebagian dari bank sampah dan adik - adik universitas machung.

Agar suatu produk dapat di kenal kita harus melakukan branding, Strategi branding diantaranya adalah :

  • harus memiliki visi dan tujuan yang akan dicapai
  • konsistensi dan loyalitas kepada setiap pelanggan
  • emosi
  • fleksibilitas
  • keterlibatan karyawan
  • Loyalitas
  • belajar banyak hal dari kompetitor  











Foto di atas adalah contok haasil produk dari pemanfaatan sampah loh gess, lucu yaaa. Ada yang di rangkain menjadi baju, ada juga yang untuk bunga, untuk dopet, tas, dan masih banyak lagi. Nah jika kita udah bikin produk dari olahan sampah ini selanjutnya jika kita ingin memasarkan produk lebih luas ada dua pilihannya offline maupun online, karena kita juga ga mungkin harus bertemu dengan beratus orang tiap harinya untuk mengenalkan produk kita kann, Nah pastinya kita juga butuh bantuan teknologi seperti sosial media, marketplace maupun web store. 

Untuk penjualan online yang paling diperlukan adalah foto, karena setiap orang yang mau beli ga mungkin dong pegang bahannya terlebih dulu hehe. jadi yang terpenting disini adalah foto produk. Bagaimana cara membuat foto produk yang bagus ?







Jikalau yang akan kita foto adalah sebuah produk maka yang di tonjolkan adalah si produknya sendiri, jadi jangan sampai produk utama yang akan kita jual terlihat tidak fokus ataupun terkalahkan dengan obyek yang lain. 
3 hal yang dapat di perhatikan dari pengambilan foto produk yang simpel menggnakan hp adalah :
  • baground ( dalam hal ini lebih baiknya memakai baground yang polos, agar produknya lebih terlihat detail dan fokusnya tidak terganggu )
  • Lighting ( jika foto gelap maka akan mengurangi rasa menarik paa produk itu sendiri, jadi usahan produk di shoot dalam keadaan terang tapi tidak over yaa terangnya , pass )
  • Angel ( pengambilan gambar usakan terlihat jelas dan di sertakan dengan detail produk itu sendiri / kelebihan produk )






Bagaimana teman - teman, apakah sudah kepikiran untuk bikin bisnis dari sampah? Dari pengalaman ibu - ibu pengrajin modal yang minim banget dari sampah jika di kreasikan dengan bagus dan rapi besar kemungkinan di jual dengan harga tingi, wow keren yaa,,
Apakah anda tertarik, yukk mulai dari sekarang  :)
Apanya ??
Ya mulai dari kesadaran akan sampah dulu lalu bikin kreasi dari sampahh dehh 
Sekian dulu artikel tyeaan kali ini semoga bermanfaat yaa
Terimakasih untuk kalian semuanya yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca,,
Hidup sehat, Lingkungan Hijau!

Salam 3R !!
( Reduce, Reuse, Recycle )





Pemateri favorit saya
Ibu marta wanita inspirasi dengan semangat dan jiwa mudanya.





FACEBOOK  |  TWITTER  | INSTAGRAM  |  YT


You May Also Like

0 comments