MILLENNIALS DENGAN KOPERASI ZAMAN NOW ?

by - 01:13:00


Temen - temen disini ada yang masih nabung di KOPERASI ga ?


Aku sih masih, dan tetap berjalan sampai sekarang. Gara - gara dulu tuh pernah kerja bertahun dan ga punyatabungan sama sekali, terus baca buku dan ada satu kalimat yang aku inget " jangan taruk telor dalam 1 keranjang " . Coba aku terapin deh, dan alhamdulillah berhasil mulai punya tabungan meski belum banyak. Jadi aku masih suka bikin 1 goals dalam 1 tabungan gitu, misal 1 buku tabungan ini untuk hari tua karena tyeaan sebagai freelancer ga bakal dapat tunjangan pensiun hehe, terus ada 1 lagi buat ke luar negeri, 1 nya lagi buat nikah dan lain lain.


Sebenarnya apa sih KOPERASI itu ?

KOPERASI adalah suatu badan usaha ( organisasi ekonomi ) yang dimiliki dan dioperasikan oleh para anggotanya untuk memenuhi kepentingan bersama di bidang ekonomi dengan mengutamakan kepentingan anggota. Anggota koperasi berperan sebagai produsen dan konsumen. KOPERASI juga mempunyai dasar sukarela dan terbuka. dan punya prinsip pengelolaan dalam koperasi itu bertujuan untuk menumpuk laba guna kepentingan para anggota guys. 

Koperasi dapat didirikan secara perorangan atau badan hukum koperasi. Badan usaha ini mengumpulkan dana dari para anggotanya sebagai modal dalam menjalankan usaha sesuai aspirasi dan kebutuhan bersama di bidang ekonomi. Secara etimologi istilah “Koperasi” berasal dari kata “co-operation” yang artinya kerjasama. Jadi, setiap anggota memiliki tugas dan tanggungjawab dalam operasional koperasi serta memiliki hak suara yang sama dalam pengambilan keputusan.


Survey dari koperasi.net, " 60% Generasi Milineal tidak tertarik dengan koperasi. Padahal, sejatinya konsep koperasilah yang paling tepat untuk mendorong Generasi Milenial menjadi milyader di era digital seperti sekarang ini. " -  Agus Budiono


Sifat Millennials itu suka yang cepat, praktis, dan mudah. Di era digital ini teknologi informasi harus disikapi dengan ide kreatif, aktif, dan inovatif. Seperti halnya belanja, investasi maupun menabung, sudah banyak bank yang memperbarui sistem menjadi lebih praktis tanpa harus ke kantor cabang. Kalu teman - teman ngira ahh males ah daftar KOPERASI soalnya rata - rata yang nabung orang tua dan sistemnya jadul.

Eitsss jangan salah, sekarang juga sudah banyak loh KOPERASI digital di Indonesia. keunggulan KOPERASI Digital itu :
  • Alur pendaftarannya bisa di rumah / online, management angota lebih mudah, 
  • Pencatatan keuangan otomatis untuk iuran, simpanan dan SHU
  • Biasanya toko online Koperasi, unit usaha digital juga terhubung dengan toko fisik

“ Seperti arahan Presiden Jokowi yang mendorong kegiatan perekonomian berbasis teknologi (digital economic) harus dijawab dengan mengubah paradigma bisnis jika koperasi masih ingin bertahan dan eksis di era digital. Persaingan bisnis bagaimanapun telah bergeser menjadi kemitraan bisnis, di mana peluang bisnis digarap melalui kemitraan yang mengedepankan value chain,”  Chief Information Officer MIS dan CEO Multi Inti Digital Bisnis (MDB) Subhan Novianda




Aku sih percaya kalau KOPERASI akan terus menjadi pilar ekonomi bangsa Indonesia. Apalagi bisnis sekarang juga makin mudah seperti ekonomi kolaborasi ( ekonomi berbagi ) kaya traveloka,  gojek, grab yang ga harus punya ribuan hotel atau mobil, tapi semua orang bisa dapat manfaatnya dengan biaya yang lebih murah dan lebih cepat.

Organisasi KOPERASI didukung baik oleh pemerintah sehingga kelompok bisnis, umkm, maupun startup akan semakin maju dan berkembang kedepannya. Gimana guys? apa kamu sudah menjadi member KOPERASI ??




FACEBOOK |  TWITTER  |  IG  |  YT


You May Also Like

0 comments