SEBENERNYA APA SIH PENYEBAB JERAWAT ?

by - 18:49:00


Bingung juga kadang seminggu lalu wajah baik - baik aja eh ga ada angin ga ada ujan tiba" jerawat udah muncul keroyokan, ada masalah apa sih di hidup gueee huhu T^T mo nyalahin skincare apa makanan ya? apa aku bersihin makeup ga bener? bingung banget ini masalah jerawat datang karena apaa? Nah jadi ini aku mau share 7 penyebab jerawat muncul di kehidupan kamu :') ehh,


1. Hormonal

Seringnya jerawat ini muncul saat PMS atau saat hari-hari pertama datang bulan, 2-3 hari setelah selesai datang bulan, atau ketika mengalami menopause. Hal ini bisa menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah, proses pergantian sel kulit mati yang melambat, hingga meningkatnya hormon androgen dalam tubuh, yang akhirnya bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium Acnes ) jadi lebih mudah berkembang biak.

Biasanya yang dia alami oleh remaja pubertas hormon testosteron meningkat. Hormon testosteron ini berperan dalam merangsang pertumbuhan alat kelamin pada laki-laki serta menjaga kekuatan otot dan tulang pada perempuan. Kelenjar minyak saat sensitif terhadap perubahan hormon. Alhasil saat kadar testosteron melonjak, kelenjar minyak turut memproduksi lebih banyak sebum atau minyak.


2. Makanan

Alergi pada makanan bisa menyebabkan kemerahan hingga pembengkakan pada kulit. Proses pembengkakan ini juga nantinya akan memicu bakteri jerawat untuk berkembang biak dengan lebih cepat. Nah, hal yang tricky lagi di sini adalah alergi yang tadinya tidak sempat dialami ternyata bisa saja muncul seiring dengan perubahan lingkungan dan juga pertambahan usia. Jadi ada baiknya untuk selalu aware akan perubahan yang terjadi pada kulit dan tubuh ya gaiss.

Biasanya terlalu banyak makanan manis, termasuk karbohidrat, secara tidak langsung dapat meningkatkan produksi sebum pada wajah juga. Jadi membatasi jumlah glukosa yang dikonsumsi bisa menjadi salah satu cara mengatasi jerawat yaa.


3. Kebersihan

Penting banget juga menjaga kebersihan sarung bantal / mengganti masker kain setiap pakai. Kalau kalian punya kulit sensitif ini jangan pakai detergen yang formulanya kuat, soalnya residu bahan yang tertinggal di kain bisa buat kulit kamu iritasi atau kamu bisa nih ganti dengan formula yang lebih lembut dari sebelumnya, ditergen yang bebas dari pewangi, opsi lain bisa juga pakai ditergen yang aman buat bayi.


4. Pori - pori tersumbat

Jika pori - pori tersumbat dan sebum tidak dapat keluar ini dapat juga menyebabkan jerawat. Sumbatan tersebut bisa berbagai macam, baik itu sel-sel kulit mati yang tidak terkelupas sempurna, debu yang tidak dibersihkan, atau sisa makeup yang dibiarkan menempel terlalu lama pada wajah. Jika hal ini menjadi kebiasaan, maka risikonya adalah jerawat baru akan terus muncul silih berganti.

Jadi pastikan kamu membersihkan makeup dengan bersih ya guys!


5. Tidak cocok cosmetik / skincare

Sejumlah produk kosmetik dan skincare mengandung bahan-bahan yang bisa menyumbat pori atau memicu alergi ini bisa membuat wajah berjerawat. Pemilik kulit yang rentan jerawat perlu cermat memilih kosmetik dan skincare. Pastikan hanya menggunakan produk yang nonkomedogenik atau tidak menyumbat pori-pori.

Jika kamu pemilih kulit sensitif hindari jenis bahan berbaya di skincare seperti paraben, alkohol, fragrance ( parfum ), Hydroquinone, Petroleum distillates, bha, atau kamu bisa baca 10 bahan skincare yang sebaiknya di hindari jika kulitmu sensitif.


6. Keturunan

Penyebab munculnya jerawat juga bisa dipengaruhi faktor keturunan loh. Jika orangtua atau anggota keluarga lain cenderung jerawatan, ada kemungkinan seseorang juga cenderung rentan berjerawat. Salah satu penelitian mengungkapkan, jika kedua orangtua seseorang berjerawat, besar kemungkinan seseorang juga akan berjerawat.


7. Stress

Otak yang stres akan gagal menyeimbangkan kinerja hormon. Salah satu hal yang mungkin terjadi adalah meningkatnya kinerja hormon androgen hingga terbentuklah jerawat akibat tingginya sebum yang dihasilkan. Hanya saja, tidak semua orang memiliki kerentanan jerawat karena stres seperti ini.

Jangan terlalu banyak pikiran, yaaaa biginilah hidup ada masalah ada juga kebahagiaan. Hidupmu berharga gunakan waktumu dengan baik, jangan terlalu memaksa atau memikirkan hal yang sebernya gak terlalu penting di hidupmu, Hiduplah dengan nyaman :)



Gapapa berjerawat itu wajar kok, kamu berjerawat juga cantik. Jika muncul jerawat jangan galau sampai stress dan menutup diri ya guys. Semua wanita itu cantik, termasuk kamu!


Jika kamu suka dengan postingan ini,
Jangan lupa untuk follow dan komen di bawah ini ya 


WA : 0858 5458 1175
 EMAIL : [email protected]


* * *



You May Also Like

0 comments